taree
14 FebRuari ...
menurut banyak orang tanggal itu begitu special buat mereka...
dimana kebanyakan mereka berpendapat bahwa hari itu adalah hari kasih sayang...
mall2 pun mulai berhias dengan cat pink...
obral discount gede2 an...
pernak- pernik lucu yang serba pink...
program special buat valentine
tabloid yang mengulas habis perayaan tersebut
dan masih banyak lagi...



tapi sebagai seorang muslim taukah kita arti valentine...
Dan boleh kah kita merayakan nya...
atau bolehkah kita memberi ucapan untuk yang merayakan...

Sahabat
bukan kah kita tau klo valentine itu bukan kebiasaan kaum muslim?
dan bukan kah dalam islam hanya ada dua perayaan hari besar yaitu idul adha dan idul fitri....

Tapi mengapa kita tak juga tersadar
tapi kadang malah kita membalas ucapan mereka dengan embel2 menghargai...

sahabat mari kita sama2 belajar tentang asal usul dan hukum merayakan valentine
ada bnyak definisi tentang valentine salah satunya:

“St. Valentine adalah seorang pendeta dan tabib dari Roma yang (dianggap) martir sewaktu kaisar Claudius II pada tahun 269 M. Peringatan tersebut pada tanggal 14 Febuari. Kebiasaan dengan mengirim valentine-valentine berasal dari upacara penyembahan berhala yang dikaitkan dengan peribadatan Juno Februarlis di goa Lupercal, atau (bisa jadi) pendapat bahwa burung-burung kwain pada tanggal 14 Februari.”

“St. Valentine yang disebutkan itu adalah seorang utusan dari Rhaetia dan dimuliakan di Passau sebagai uskup yang pertama.”

Kesimpulan definisi tersebut adalah Valentine’s day dirayakan untuk mengormati dan mengkultuskan st. Valentine yang dianggap martir yang mati dibunuh pada tanggal 14 Februari 269 M (sumber lain menyebutkan 270 M) dan juga dianggap sebagai seorang utusan dan uskup yang dimuliakan. Pengambilan istilah itu juga dikaitkan dengan Lupercalia, upacara keagamaan orang Romawi Kuno dan juga bahwa burung-burung kawin pada tanggal tersebut.

Nah, sahabat Apakah engkau tahu apa itu martir? Martir adalah orang yang dianggap mati sebagai pahlawan karena mempertahankan kepercayaan (agama).
Kini engkau tahu agama apa yang dipertahankan olehnya. Wallahul musta’an. Ya ukhti… bagaimana kita bisa turut serta pada hari yang ditetapkan untuk menghormati orang yang mempertahankan agama yang bukan Islam (ini bukan berarti kita dibolehkan untuk menetapkan hari khusus untuk kematian orang-orang yang mempertahankan agama Islam!).

dan bukan kah sudah jelas bahwa telah tertulis dalam sebuah hadist:

“Barangsiapa menyerupai suatu kaum berarti ia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Daud)

Dari itu hendaknya setiap muslim berpegangteguh dengan Al kitab dan As sunah dalam semua kondisi lebih-lebih pada saat-saat terjadinya fitnah dan banyaknya kerusakan. Hendaknya pula ia benar-benar waspada agar tidak terjerumus ke dalam kesesatan orang-orang yang dimurkai, orang-orang yang sesat dan orang-orang yang fasik yang tidak mengajarkan kehormatan dari Allah dan tidak menghormati Islam. Dan hendaknya seorang muslim kembali kepada Allah dengan memohon petunjuk-Nya dan keteguhan didalam petunjuk-Nya. Sesungguhnya tidak ada yang dapat memberi petunjuk selain Allah dan tidak ada yang dapat meneguhkan dalam petunjuk-Nya selain Allah Subhanahu Wata’alla. Hanya Allah-lah yang kuasa memberi petunjuk.

Salawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Sahabat mari kita ingatkan diri kita, saudara, teman dan sahabat kita untuk TIDAK merayakan hari valentine ataupun memberi dan membalas ucapan di hari tersebut...
0 Responses